Saturday, December 25, 2010

Kucing Hitam Tanpa Tujuh Punggawa

Liputan6.com, London: Sepanjang kariernya sebagai manajer, Steve Bruce telah 16 kali berhadapan dengan guru sekaligus mantan mentornya, manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. Laga Boxing Day, Mingu (26/12) besok, saat Sunderland berkunjung ke Old Trafford merupakan kesempatan kali ke-17 bagi Bruce untuk dapat meraih kemenangan pertama atas Ferguson.

Saya berutang budi padanya sepanjang hidup saya, aku Bruce, 49 tahun. Ialah (Ferguson) manajer terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Di era mana pun, untuk bisa menangani MU selama 24 tahun dan memenangi trofi sebanyak yang ia menangkan merupakan hal yang luar biasa. Untuk bisa mendekatinya pun saya pikir tak akan ada seorang pun yang bisa mendekatinya, puji Bruce yang sempat menjadi kapten Setan Merah sepeninggal Bryan Robson.

Sebaliknya, jelang laga kedua tim, Ferguson memberikan pujian atas keberhasilan Bruce mengangkat kiprah The Black Cats di musim ini. Sampai pekan ke-18, Sunderland menempati peringkat keenam dengan 27 poin menyamai perolehan Tottenham Hotspur. Kucing Hitam pun kian dekat dengan zona Europa League. Lucunya, keberhasilan MU memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin dari Arsenal tak lepas dari kontribusi yang diberikan Sunderland yang menekuk Chelsea dan memecundangi Manchester City plus menahan imbang The Gunners.

Steve (Bruce) telah berhasil mengubah tim, puji Ferguson. Ia memboyong sejumlah pemain dengan tipikal yang berbeda. Selain merekrut (Darren) Bent dan (Asamoah) Gyan, ia pun membeli pemain muda seperti (Jordan) Henderson yang penampilannya di musim ini fantastis. Pun demikian dengan (Lee) Cattermole. Alhasil, tim kian tajam, puji Ferguson.

Apes bagi Bruce. Peluangnya untuk memetik kemenangan pertama dari Ferguson di Old Trafford terancam kandas. Pasalnya, Kucing Hitam dipastikan tampil tanpa tujuh pemain intinya. Yang pertama, bomber yang sedang naik daun penampilannya, Danny Welbeck. Dengan status pemain pinjaman dari MU, Welbeck tak dapat diturunkan Bruce. Kedua, kapten Cattermole yang menjalani skorsing akibat akumulasi kartu. Lima pemain lainnya mengalami cedera, yaitu John Mensah, Titus Bramble, Michael Turner, David Meyler, dan Fraizer Campbell.

Di musim lalu, di Old Trafford, Sunderland nyaris mencetak kemenangan di Old Trafford, kali pertama dalam 42 tahun terakhir. Sayang, gol bunuh diri Anton Ferdinand membuat skor akhir jadi imbang 2-2. Di pertemuan pertama musim ini, 2 Oktober lalu, di Stadium of Light, Kucing Hitam mampu memandulkan ketajaman Nani dkk. Hanya kecemerlangan kiper Edwin van der Sar yang membuat Sunderland harus puas dengan raihan satu poin.(MEG/AP)

No comments:

Post a Comment